Sifat Aluminium Oksida di Indonesia

Sifat Aluminium Oksida di Indonesia - Aluminium oksida adalah sebuah senyawa kimia dari aluminium dan oksigen, dengan rumus kimia Al2O3. Nama mineralnya adalah alumina, dan dalam bidang pertambangan, keramik dan teknik material senyawa ini lebih banyak disebut dengan nama alumina.

Pengertian Aluminium Oksida

Sifat Aluminium Oksida di Indonesia
Aluminium oksida adalah insulator (penghambat) panas dan listrik yang baik. Umumnya Al2O3 terdapat dalam bentuk kristalin yang disebut corundum atau a-aluminum oksida. Al2O3 dipakai sebagai bahan abrasif dan sebagai komponen dalam alat pemotong, karena sifat kekerasannya.
Aluminium oksida berperan penting dalam ketahanan logam aluminium terhadap perkaratan dengan udara. Logam aluminium sebenarnya amat mudah bereaksi dengan oksigen di udara.

Sifat Aluminium Oksida Indonesia

Aluminium bereaksi dengan oksigen membentuk aluminium oksida, yang terbentuk sebagai lapisan tipis yang dengan cepat menutupi permukaan aluminium. Lapisan ini melindungi logam aluminium dari oksidasi lebih lanjut. Ketebalan lapisan ini dapat ditingkatkan melalui proses anodisasi. Beberapa alloy (paduan logam), seperti perunggu aluminium, memanfaatkan sifat ini dengan menambahkan aluminium pada alloy untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi.
Share this article :
Share FB Tweet Share G+ Submit Digg

Ditulis Oleh : Wahyudie Eks

Eko Wahyudi Terima kasih telah membaca artikel Sifat Aluminium Oksida di Indonesia pada blog Kusen Pintu Aluminium. Percayakan pekerjaan aluminium rumah anda pada fabrikasi aluminium winalum, karena kami yang profesional dalam hal Pintu Aluminium | Jendela Aluminium | Kitchen Set Aluminium | Aluminium Fabrikasi Indonesia | Aluminium Powder Coating

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top