Sifat dan Karakteristik Aluminium Foil

Beberapa sifat istimewa dan karakteristik aluminium foil antara lain: lentur, fleksibel, mudah dibentuk sesuai fungsi kemasan, menarik perhatian pembeli, kedap udara,  air dan lemak, bersih (hygiene), tidak beracun, tidak mempengaruhi rasa dan bau, dan bersifat membungkus objek atau produk. Aluminium foil juga merupakan  penghantar panas yang baik untuk energi listrik dan penghangat ruangan.

Kekurangan Aluminium Foil

Sifat dan Karakteristik Aluminium Foil
Adapun kekurangannya adalah dapat rusak karena pengaruh  asam, garam dapur dan logam berat. Sebenarnya aluminium foil tahan terhadap pengaruh berbagai bahan kimia,  tergantung dari campuran spesifik atau agent kimia yang terkandung di dalamnya dan  kontak langsung dengan aluminium foil tersebut.
Aluminium foil menggantikan fungsi  kertas timah sejak pertengahan abad ke-20, karena kertas timah kurang fleksibel untuk dibentuk dan cenderung memberikan sedikit rasa timah pada produk yang dikemasnya, khususnya sebagai pembungkus bahan makanan. Meskipun demikian,  saat ini pada umumnya masyarakat  masih  menggunakan  istilah kertas timah untuk menyebut aluminium foil.
Lalu apakah lebih baik membungkus menggunakan aluminium foil atau plastik?

Karakter Sifat Aluminium Foil

Berdasarkan salah satu sumber, hal ini bergantung pada makanan apa yang akan kita bungkus, dan bagaimana kita akan menghangatkannya kembali. Aluminium foil baik digunakan untuk makanan berbau tidak sedap, dan jika kita akan menghangatkan makanan tersebut dengan oven (karena jelas aluminium foil itu tahan panas). Satu hal yang harus diperhatikan adalah: Jangan pernah menggunakan aluminium foil dalam Microwave..karena akan menimbulkan percikan api, dan juga hindari menyimpan makanan asam dengan aluminium foil, karena akan menimbulkan reaksi kimia yang menyebabkan lobang pada foil tersebut dan bintik hitam pada makanan. Meskipun kebanyakan tidak berbahaya, tetapi bila dicegah akan lebih baik.
Share this article :
Share FB Tweet Share G+ Submit Digg

Ditulis Oleh : Unknown

Eko Wahyudi Terima kasih telah membaca artikel Sifat dan Karakteristik Aluminium Foil pada blog Kusen Pintu Aluminium. Percayakan pekerjaan aluminium rumah anda pada fabrikasi aluminium winalum, karena kami yang profesional dalam hal Pintu Aluminium | Jendela Aluminium | Kitchen Set Aluminium | Aluminium Fabrikasi Indonesia | Aluminium Powder Coating

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top